Monday, October 2, 2017

KMart, Supermarket Korea di Jakarta yang bisa bikin ketemua Oppa! #JajananIa



Annyong Pitchers..

Kali ini aku mau review salah satu tempat yang (mungkin) bakal jadi surganya para Korean Food Lovers niih..

Kids  yang play di Jakarta khususnya sekitaran Jakarta Selatan, pasti tau sih lokasi tempat ini. Tapi kids sekitaran Bekasi belum tentu banyak yang tau karena letaknya yang beda pelanet. Haha. Dan buat kalian yang suka nonton Vlog review tempat makan di Jakarta, juga setidaknya pernah denger nama tempat ini. Karena akupun tau tempat ini pertama kali dari salah satu vlog orang. HaHaHa..

Ah cincong lau, tinggal kasih tau dimana aja ribet banget! Wush.. Slow down bebih.

Okay, jadi tempat yang aku mau review ini namanya K-Mart yang lokasinya di Grand Wijaya Center, Kebayoran Baru, deket kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan. Sebenernya KMart itu ada beberapa cabang, tapi yang cukup populer itu KMart yang ada di Darmawangsa ini.

Saran aku klo mau kesana mending naik transportasi umum aja. Kenapa? Biar gak begitu capek dan mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemacetan (sempet-sempetnya yes kampanye #lol). .

But seriously, aku pribadi kalo kesana lebih milih naik transportasi umum. Klo naik kendaraan pribadi nyampe sana udh badmood duluan karena macet parah. Klo naik transportasi umum masih mendingan. Selain murah, kamu cukup jadi penumpang aja gak ush mikir jalan lagi(asal naik bus yang tujuannya bener aja). Keuntungan lainnya transportasi umum punya "jalannya sendiri" buat nyampe tujuan, jadi orang-orang bermacet ria kita sih lancar jaya!

Trasnportasi umum kesana ada busway dan kopaja. Tp klo kopaja, aku lupa nomor brp, jarang merhatiin, kadang malah asal naik. Sedangkan kalo busway kalian naik yang ke tujuan Blok M. Turun di blok M nya. Dari situ udh lumayan deket. Klo mau super duper irit dan mau capek, jalan kaki juga gak apa-apa, tp klo gak mau ribet naik ojol aja, tulis tujuannya KMart Grand Wijaya, paling cuma 3-5 ribu dengan waktu tempuh sekitar 5-10 menit karena harus muter dulu..

Rute bagi kalian yang dari Bekasi, bisa naik kereta terlebih dahulu dari stasiun terdekat dari rumah kalian. Setelah itu transit di stasiun manggarai, lanjut naik kereta tujuan Tanah Abang. Turun di stasiun Sudirman, jalan kaki agak jauh ke halte dukuh atas. Terakhir, naik busway deh tujuan blok m.

Untuk review secara keseluruhan, Klo menurut aku kawasan grand wijaya ini seperti "little korea town" di Jakarta. Toko-toko dengan plang tulisan hangeul banyak disini. Entah sih itu tempat apa, tapi kayanya sih kebanyakan semacam bar atau tempat makanan khas gitu. Sedangkan KMart ini sebenernya supermarket gais bukan restoran. Banyak yang salah mengira klo KMart ini cuma restoran khas korea gtu. Mereka kaget pas pertama kali dateng karena mereka justru akan disambut dengan deretan rak-rak produk khas supermarket. Padahal tempat makan yg ada di foto paling bawah itu letaknya ada di pojok dalam supermarket. Produk yang dijual disupermarket semua produk korea, itu terlihat dari kemasan produknya yang rata-rata bertuliskan huruf hangeul. Sayangnya aku gak sempet foto keadaan supermarketnya. Mungkin lain kali di bagian part 2 ya. Oh ya, Selain itu disini juga jual side dish beku ala korea lho!

Nilai rasa makanannya 6/10. Jujur, rasa makanan disini masih kalah dengan restoran korea di mall.  Menu disini fokus pada Korean Street Food gtu. Kaya toppoki, udon, gimbab, dan odeng (semacam otak2 ikan yang direbus ditancap kayu. Buat kalian yang pernah liat drakor scane jajan pinggir jalan pasti tau deh). Ada satu makanan yang aku sebutin tadi, teksturnya terlalu kenyal dan asin, but it's depand on you! Selera lidah setiap orang beda-beda, siapa tau rasa yang aku gak suka malah berbanding kebalikan dikamu.


Untuk Harga tenang aja, setidaknya gak bakal nguras uang jajan bulanan kamu kok. Harganya cukup standar, yaitu kisaran 10-50 rb. Porsi yang disajikan juga gak sedikit! Kemarin, pas nyobain satu porsi toppoki aku gak habis dan minta di bungkus bawa pulang saking sayang karena masih kesisa banyak. Malah orang-orang disebelah aku ada yang makan satu porsi toppoki untuk 3 org. Gak hanya makanan, disini juga ada minuman juga sih. But, entah kenapa harga makanan sama harga minumannyaa kok sama ya?? Contoh, harga satu porsi toppoki 35k dan minuman seperti Matcha Float 30k. Tapi bagi kalian jiwa-jiwa irit, tenang aja.. Kalian gak akan dibiarin mati karena seret. Disana disediain air putih gratis  dengan wadah gelas alumunium ala korea drama yang bisa kalian ambil sendiri sepuasnya di dispensernya langsung.
.
Suasana tempat nya 8/10.. Aku suka konsepnya yang dibuat dengan konsep dapur terbuka. Tempatnya kecil, cuma bisa muat ±10 org. Aku jadi berasa duduk di warung kelontong di korea beneran. Ditambah lagi klo disamping ada orang koreanya asli yang lagi ngobrol pake bahasa korea. Gak ush mahal-mahal 10jt+ buat ke korea, dengan hal yang sesederhana kaya gini aja udah ngebuat aku berasa hidup di tanah yang sama dengan oppa oppa. Haha.
.
Btw, Customer disini banyak org korea asli lho! kalian bisa liat berbagai macam oppa dan ahjussi disini. Ada yang udh ganteng dan ada yang sedang proses untuk menjadi ganteng (?), alias mukanya lagi proses penyembuhan pasca oplas gituu. Mereka rata-rata ngomong bahasa korea, jd jgn heran klo ruangan ini dipenuhi dg kata-kata korea. Ada beberapa karyawan toko yang bisa bahasa korea. Tapi jarang ada yang ngomong karena org koreanya udh pada bisa ngomong Indo walaupun pengucapannya agak aneh. Oh ya, selama makan kalian juga akan di manjakan dengan lagu2 korea. .
.
Oprasional bukanya setiap hari, dari jam 8 pagi sampe jam 6 sore.
Kalo gak salah disini juga nerima pesanan dalam jumlah tertentu.

No comments:

Post a Comment